counters

Kamis, 31 Januari 2013

SOAL JAWAB PERAWATAN & PERBAIKAN MESIN ATT III

PERAWATAN & PERBAIKAN MESIN ATT III

 
1.        Pada saat kapal sedang berlayar, tiba-tiba mesin induk berhenti dan alarm berbunyi. Pada switch board terlihah LO M/E Low pressure. Apa yang terjadi dan terangkan tindakan dan langkah apa saja yang anda lakukan ?
Jawab :
Tindakan yang harus dilakukan adalah :
-          Turunkan handleRPM  mesin induk
-          Periksa saringan L.O, saringan sebelum L.O pump dan saringan setelah L.O cooler sebelum masuk ke M/E (fine strainer)
-          Periksa (sounding) level L.O sump tank.
-          Sebelum memasukkan alat sounding terlebih dahulu beri water control paste pada bandulannya, gunanya untuk mendeteksi apakah ada air di dasar sump tank
-          Periksa instalasi system dan minyak lumas.
-          Periksa pompa-pompa L.O jangan sampai ada kerusakan atau penyumbatan pada katup-katup.
-          Bila terjadi kerusakan langsung mengadakan perbaikan.
-          Penambahan minyak lumas pada L.O tank jika berkurang.
-          Jika semuanya telah selesai lakukan pengetesan pada instalasi minyak lumas.

2.        Jelaskan langkah-langkah apa saja yang anda lakukan ketika akan melaksanakan overhauled mulai dari persiapan sehingga pengetesan !
Jawab :
Langkah-langkah yang dilakukan ketika akan melaksanakan overhould mulai dari persiapan sampai pengetesan adalah ;
1.        Lakukan perencanaan kerja yang baik dalam mengadakan over hould
2.        tentukan waktu pelaksanaan dan beri informasi kepada seluruh pekerja tentang rencana over houl.
3.        periksa suku cadang, bila tidak cukup disorder dan jika sudah dating baru dilaksanakan overhaul   
4.        mengetahui dengan baik keadaan mesin yang akan diover houl.
5.        persiapkan alat-alat (tools) yang akan digunakan.
6.        lakukan pembengkaran dengan hati-hati sesuai dengan petunjuk dari manual book.
7.        bersihkan semua bagian2 yg dibongkar
8.        ganti bagian-bagian yang rusak atau sudah perlu diganti.
9.        setelah semua selesai pasang kembali bagian-bagian mesinyang telah dibongkar.
10.     periksa seluruh bagian api masih ada yang belum terpasang.
11.     pastikan tidak ada benda-benda atau kunci-kunci yang tertinggal pada bagian-bagian dalam mesin.
12.     setelah seluruhnya sudah selesai adakah pengesahan kondisi secara saksama untuk memastikan keamanan terjamin.
13.     adakan pengetesan mesin sesuai dengan prosedur dan petunjuk.

3.        Ketika kapal berada dipelabuhan dan melakukan aktivitas bongkar muat, tiba-tiba terlihat lelehan minyak pada pipa crane. Jelaskan tindakan apa saja yang akan anda lakukan !
Jawab :
Tindakan yang harus dilakukan pada saat terlihat lelehan minyak pada pipa crane saat melakukan aktivitas bongkar muat dipelabuhan adalah ;
-          Pertama-tama matikan mesin tersebut setelah mesin terbebas dari beban kerjanya .
-          Pastikan mesin tersebut aman untuk dilakukan pengecekan/prebaikan.
-          Periksa apa penyebab terjadinya lelehan minyak pada pipa crane tersebut.
-          Persiapkan alat/bahan kerja untuk perbaikan.
-          Jika ada kebocoran / kerusakan lakukan perbaikan.

4.        Instalasi mesin pendingin makanan di kapal sangatlah perlu penanganan atau perawatan rutin agar bahan makanan terjaga keawetannya.
Jelaskan perawatan-perawatan yang dilakukan terhadap instalasi pendingin !
Jawab :
Perawatan-perawatan yang dilakukan terhadap istalasi mesin pendingin  adalah :
-          Ball bering dari motor kompressor harus dilumasi.
-          V-Belt diperiksa tegangannya
-          Evaporator didepros bila banyak bunga es
-          Condensor harus sering dibersihkan
-          Periksa minyak lumas dalam carter bila kurang ditambahkan.
-          Bersihkan filter di solenoid valve
-          Mengganti silica gell di dryer bila tiba saatnya
-          Bila ada udara didalam system harus dicerat
-          Pada waktu istalasi beroperasi suhu dan tekanan harus diperiksa/diperhatikan
-          Nipple-niple diberi grease
-          Kran-kran penutupnya diberi grease
-          Saringan-saringan klep expansi dan pengatur tekanan agar dijaga kebersihannya
-          Menstart motor jangan selalu pada swict pengontrol
-          Memeriksa instalasi listriknya
-          Saat menjalankan dan menghentikan mesin harus sesuai dengan prosedurnya.

5.         Pada kapal dengan penggerak utama motor diesel, katup gas buang peranannya sangatlah penting agar kapal dapat berjalan dengan lancar.
Jelaskan perawatan-perawatan yang dilakukan terhadap katup gas buang.
Jawab :
Perawatan yang dilakukan terhadap katup gas buang adalah :
-          Pemeriksaan kerak karbon, keadaan muka katup dan perubahan warna.
-          Periksa perubahan warna dan bentuk batang katup, kehausan dan kondisi pelumasan.
-          Periksa kelonggaran dan keausan bagi pemegang katup (guide bush)
-          Periksa pegas katup terhadap kemungkinan patah, aus, korosi dan kekuatannya.
-          Ukur diameter batang katup.
-          lapping/skir katup pada dudukannya pada jam kerja yang telah ditentukan.
-          Penggantian katup jika muka katup sudah rusak.
-          Secara berkala adakan penyetelan (pengukuran) dengan memakai feeler (valve clearance) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar